Kartu Kaya (Rich Card) Pada Hasil Pencarian Google

29 Juni 2016
Pada bulan Juni 2016 ini. di Google Search Console terdapat menu baru di tampilan penelusuran yaitu Rich Card (kartu kaya) sebagai pengganti Rich Snipet.

Google mengumumkan bahwa kartu kaya ini merupakan format hasil pencarian baru berupa cuplikan kaya dengan format visual yang lebih menarik lagi. Google nantinya akan menggunakan markup schema.org yang ada dalam sebuah web untuk mengambil gambar atau video pada sebuah konten dan menampilkannya pada SERP.

Hanya saja kartu kaya masih tersedia dalam pencarian bahasa Inggris untuk resep dan film dan akan segera menambah untuk kategori konten yang lainnya. Pada halaman hasil situs pencarian google akan menampilkan hasil (SERP) seperti gambar berikut

Kartu Kaya (Rich Card) Pada Hasil Pencarian Google

Agar blog dapat memunculkan Kartu Kaya (Rich Card) pada halaman hasil pencarian Google, maka harus menambah kode tertentu pada template atau theme blog sesuai dengan markup schema.org. Untuk memulai dapat mempelajari di https://developers.google.com/search/docs/guides/search-gallery

Jika blog telah terpasang Kartu Kaya (Rich Card), di Google master (GSC) akan membuat laporan kartu kaya yang dapat membantu memperbaiki kesalahan pada data dengan struktur kartu kaya apa pun yang ditemukan Google di blog Anda. Pada laporan ini juga menunjukkan area tempat Anda dapat memberikan informasi selengkapnya untuk lebih memanfaatkan platform kartu kaya Google.

Fitur Kartu Kaya (Rich Card) sangat cocok untuk situs bisnis karena ada visual dokumena yang membantu pengguna mesin pencari Google unuk menemukan, menggunakan, dan mengambil tindakan dengan konten bisnis, penawaran atau listing produk Anda yang kreatif,.

Terus terang saya belum mencoba dan apakah blog berbahasa Indonesia bisa atau tidak, karena pada blog resmi Google webmaster tertulis "Rich cards are available in English for recipes and movies and we’re excited to roll out for more content categories soon."

Mau mencoba? Kartu Kaya (Rich Card)



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.