You are here:Home » SEO » Memulai Belajar SEO

Memulai Belajar SEO

Memulai Belajar SEO
Memulai belajar SEO sama dengan proses belajar lain yaitu belajar seo juga memerlukan proses. Secara umum kegiatan belajar adalah suatu proses kegiatan dari tidak tahu, tidak mengerti, tidak bisa menjadi tahu, mengerti dan bisa secara optimal. Kalau mau tahu definisi belajar menurut psikolog baca di: definisi belajar menurut beberapa psikolog

Beberapa blogger pemula sering bertanya tentang SEO yang cukup mendalam, padahal baru saja ngeblog dan arti SEO pun tidak tahu... Ada juga yang bertanya, kenapa setelah menerapkan teknik-teknik seo, sepertinya tiada hasil? Setelah saya lihat blognya, cuma berumur 1 bulan dengan hanya 5 artikel.

Saya menyadari, keinginan blogger pemula untuk mempraktekkan SEO begitu kuat namun tanpa memandang prosesnya. Inginnya belajar SEO  itu secara instan yang hasilnya ingin maksimal. Kadang blogger pemula setelah membaca-baca artikel seo di beberapa blog, merasa cukup untuk mempraktekkan SEO di blog-nya. Hal positif di sini adalah keinginan untuk memulai belajar seo , ini sudah merupakan modal kuat, hanya saja perlu pemahaman selanjutnya.

Belajar SEO


Belajar seo juga memerlukan proses. Pahami berikut ini jika ingin memulai belajar SEO yang saya rangkum dari berbagai sumber:
  • Pelajari terlebih dahulu, apa dan tujuan SEO.
  • Perbanyak bahan referensi SEO dengan membaca artikel-artikel SEO yang bertebaran di Internet maupun referensi offline.
  • Membaca pengalaman atau berdiskusi dengan Master SEO (atau yang dianggap mengerti SEO). Orang bodoh berdiskusi dengan orang bodoh hasilnya tambah bodoh. Orang bodoh berdiskusi dengan orang pintar, bisa menjadi pintar. Orang pintar berdiskusi dengan orang pintar, hasilnya tambah pintar.
  • Ikut komunitas atau forum yang membahas SEO. Kita bisa berdiskusi atau bertanya jika menemukan kendala dalam mengelola SEO blog.
  • Kebanyakan orang membuat blog terlebih dahulu kemudian belajar SEO. Lebih yahud lagi, mempelajari SEO terlebih dahulu, lantas membuat blog dengan aturan SEO yang benar. Saya jamin, blog akan cepat sukses! Blog baru lebih mudah membangun SEO dari pada blog lama yang awalnya tanpa memperhatikan SEO. (Jika blog Anda masih berumur di bawah seumur jagung, atau artikel masih minim, bisa dianggap blog baru)
  • Belajar SEO tidak semudah membalikkan tangan, memerlukan proses waktu, tahap demi tahap. Bahkan beberapa Jasa SEO pun menerapkan aturan, misalkan umur Situs minimal 2 bulan.
  • SEO bukan hanya sekedar teori, harus dicoba atau dipraktekkan.
  • Tanamkan pikiran ini (mindset) Hasil SEO akan tampak beberapa bulan ke depan, bukan sulap - simsalabim.
  • SEO termasuk ilmu pengetahuan dan akan selalu berkembang mengikuti waktu. Untuk itu, belajar dan terus belajar SEO.
  • Jika blog Anda tidak ingin dindeks oleh mesn pencari (google, yahoo, bing, dsb..) atau hanya sekedar punya blog tanpa perlu pengunjung, tidak ingin bermanfaat bagi orang lain, abaikan saja belajar 

Sekali lagi Belajar SEO butuh proses, konsistensi,  jangan terburu melihat hasilnya

3 komentar:

  1. Selamat Pagi , Siang dan Malam ,

    Hai kawan netterku semua, setelah sukses mengadakan kontes SEO Tahap I pada bulan Juni yang lalu, Kami dari Management Keretaminiku.com mengadakan Kontes SEO Tahap II dengan Hadiah Special Menyambut pergantian Tahun 2012

    Info Lebih Lanjut Klik Link berikut ini :
    http://www.keretaminiku.com/keretaminiku-com-seo-kontes-2012

    Salam,
    CV. KERETAMINIKU
    JL. BRATANG GEDE VI D NO. 8 A SURABAYA 60245
    TELP / HP : 081331253999 , 085655489299, 081703420799
    Email : keretaminiku@gmail.com
    Website :
    www.keretaminiku.com
    www.keretaminiprodusen.indonetwork.co.id
    ==============================

    BalasHapus
  2. betul mas, awal'a ane pun berfikiran bgtu. Tp kini sedikit demi sedikit ane sudah lebih memahami bagaimana penerapan SEO yang benar. Terus tulis artikel tentang SEO mas. Ijin bookmark ya mas.. :D

    BalasHapus
  3. makasih kang ilmunya,,Q juga lagi mencari cari referensi tenttang seo

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih