You are here:Home » blogspot » Cara custom domain blogspot terbaru

Cara custom domain blogspot terbaru


blogspot - blogger
Cara custom domain blogspot terbaru diberlakukan setelah maintenance di blogspot yang mengakibatkan gangguan untuk beberapa hari pada 9-18 September 2012. Custom domain blogspot terjadi perubahan yaitu diperlukan otoritas verifikasi atau kepemilikan dari nama domain dengan menggunakan kode khusus yang diberikan oleh Blogger.com.

Perubahan cara custom domain blogspot terbaru membuat beberapa blogger bertanya bagaimana cara setting custom domain Blogspot dengan benar. Berikut sedikit penjelasan cara custom domain di Blogspot (admin menggunakan bhs Indonesia):  

Tahap 1
Masih sama dengan dahulu, buka pada akun Blogger Anda. Pilih menu Setelan > Dasar > Penerbitan, kemudian klik “+ Tambahkan domain khusus Arahkan domain Anda yang terdaftar ke blog.” Masukkan nama domain yang telah dipersiapkan dengan format www.domainsendiri.com. Klik "Simpan", maka akan muncul kesalahan/peringatan:

We have not been able to verify your authority to this domain. Error 12. Please follow the settings instructions.

custom domain blogspot terbaru


Jangan kuatir, pada bagian bawah Anda akan melihat tulisan serta link “Pertama-tama domain Anda harus terdaftar dengan semestinya. petunjuk setelan” Klik petunjuk setelan (abaikan peringatan dan keluar laman) Anda akan dibawa ke halaman “cname Verification Token” Blogger.com untuk mendapatkan kode khusus untuk memverifikasi domain Anda.

Cara custom domain blogspot terbaru


Pilih "On a top-level domain (www.example.com)" atau “On a subdomain (foo.example.com)”. Selanjutnya di halaman tersebut, dan anda akan menemukan kode khusus yang diberikan blogger serta instruksi penggunaan custom domain. Catat/simpan  kode yang ada.

Tahap 2
Buka kontrol panel atau domain manager Anda. Jika dahulu cukup menambahkan 1 CNAME yaitu ghs.google.com dan sekarang custom domain blogspot terbaru harus ditambah 1 CNAME lagi yaitu kode verifikasi di editor DNS.
  • Catatan: Jika membeli domain (kecuali domain id di PANDI) biasanya akan mendapat fasilitas Cpanel atau domain manager. Atau hubungi penyedia domain Anda untuk meminta bantuan.


Tahap 3
Jika selesai menambahkan CNAME di setting DNS domain Anda, kembali lagi ke blogger.com untuk seting custom domain blogspot. Lakukan langkah seperti tahap 1, Masukkan dalam URL untuk custom domain Anda di kotak teks yang disediakan, dan klik Simpan . Alamat blogspot.com Anda akan segera redirect ke domain baru milik Anda – Harap bersabar (jika peringatan masih muncul), karena akan memakan waktu hingga 24 jam untuk redirect mulai bekerja. Jika peringatan sudah tidak ada berarti sukses dan jangan lupa edit kembali untuk mencentang pilihan pengalihan www.
  • Catatan: Jika domain baru Anda tidak berjalan semestinya, tunggu satu atau dua hari untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui (resolved). Jika masih tidak berfungsi, hubungi tempat pendaftaran domain untuk memastikan bahwa Anda memasukkan pengaturan DNS dengan benar.


1 komentar:

  1. gagal maning gagal maning gan..kenapa ya sekarang jadi ribet juga setting dnspark yang baru..

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih