You are here:Home » blogspot » Resiko Custom Domain di Blogspot

Resiko Custom Domain di Blogspot

Resiko Custom Domain di Blogspot atau mengganti nama subdomain blogspot dengan nama domain sendiri, sebenarnya sama beresiko dengan men-direct suatu halaman website ke nama domain baru. Jika ingin custom domain di blogspot, perlu dipertimbangkankan hal-hal berikut: 
Resiko Custom Domain di Blogspot
  1. Resiko Custom Domain di Blogspot adalah blog akan dianggap sebagai blog baru, otomatis memerlukan peng-indeks-an oleh mesin pencari. Memang hasil indeks pencarian yang telah ada (subdomain blogspot lama) tidak hilang dan terjadi kode 404 serta akan diarahkan ke domain blog baru selama url tersebut belum dihapus atau dimodifikasi. Namun dibutuhkan submit kembali ke mesin pencari agar nama domain baru terindeks. 
  2. Resiko Custom Domain di Blogspot juga akan terjadi perubahan pada Alexa rank dan PageRank. Mengingat blog kita dianggap baru Alexa Rank dan PageRank akan kembali dari awal. Perlu waktu dan optimasi lagi untuk mengembalikan posisi Ranking. Biasanya sekitar 1 – 3 bulan akan tampak perubahan, bagus atau tidaknya tergantung cara mengoptimalkan blog kita (sama dengan teknik SEO untuk blog baru).
  3. Resiko Custom Domain di Blogspot akan berdampak pada penurunan kecepatan peng-indeks-an mesin pencari. Bila dulunya blog telah mendapat PR Google dan cepat terindeks, sekarang mungkin perlu beberapa jam bahkan hari agar artikel blog dapat terindeks Google. Masalah ini akan kembali seperti semula seiring dengan perkembangan blog. 
  4. Resiko Custom Domain di Blogspot untuk sementara akan mengakibatkan trafik kunjungan menurun. Biasanya trafik blog berasal dari mesin pencari Google, namun ketika merubah subdomain blogspot ke custom domain, hasil peng-indeks-an halaman blog lama di data base google akan di- redirect 301 (permanet redirect) oleh blogspot ke domain baru. Ini memerlukan tahap dan waktu karena akan dihapus dan diganti dengan nama custom domain yang telah diajukan. Masa transisi ini akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara waktu. 
  5. Resiko Custom Domain di Blogspot untuk pembaca setia blog adalah hilangnya langganan artikel melalui Feed (Permanent).Perubahan URL blog menyebabkan alamat feed blog juga berubah. Pelanggan lama tentunya akan mendaftar ulang dengan alamat feed blog yang baru, jika ingin kembali berlangganan. 

Sebagian Resiko Custom Domain di Blogspot di atas, perlu dipikirkan lagi jika blog Anda telah lama, banyak artikel, trafik bagus, dapat PR, dsb. Lebih baik buat blog baru atau punya blog lama tetapi tidak terurus dengan baik, tidak ada salahnya custom domain blogspot dengan nama domain pilihan kita sendiri. Punya nama blog sedikit berbeda dengan yang lain dapat menaikkan prestige blog dengan biaya yang ringan melalui blogspot.

Baca pengalaman saya: mengganti subdomain blogspot


41 komentar:

  1. nambahin sob, sejak tanggal 9 sep kemarin hingga sekarang. bagi yang mengubah domain dengan cara custom domain sedang error.

    BalasHapus
  2. Iya. sob. Semoga cepat berlalu...saya juga nunggu :)

    BalasHapus
  3. kok gak ada menu pemublikasian ya... emang lagi error ya custom domain nya?

    BalasHapus
  4. Custom domain: Maintenance in progress - Domain switching disabled.

    BalasHapus
  5. Maintenance in progress kr2 kapan kelarnya ya gan?

    BalasHapus
  6. @ Yuda Sudah bisa kok..sejak 18 sept lalu

    BalasHapus
  7. Tepat sekali.. Kadang timbul keinginan membeli domain, biar lebih singkat dan prestisius. Namun, setelah baca artikel diatas, kayaknya cukup dgn domain gratisan aja lah.. Mending klo mo domain sendiri, bikin blog baru aja.. Biar blognya nambah dan risiko-nya ga ada..

    BalasHapus
  8. Rencananya blog ini juga di custom domain dengan lenteraseo.com, nggak jadi dan dibuat situs baru social bookmark

    BalasHapus
  9. Sejak bbrp waktu lalu saya menghapus alamat domain berbayar blog saya dan kembali ke alamat subdomain di blogspot. Tapi, entah kenapa meski saya sudah kembali ke alamat blogspot tapi setiap kali mengetik alamat blogspot tsb di address bar atau klik di 'View Blog' di Dashboard Blogger selalu terdirect ke alamat Domain Berbayar.Padahal Di Channel Setting Blogger alamat custom domain sudah saya hapus. Hingga sekarang keadaan masih sama seperti ini.
    Ini alamat Blog saya: http://ulasankedokteran.blogspot.com

    Mohon sekali pertolongannya Kang Andre. Terima Kasih Bila Kang Andre Bersedia Membantu.

    Wassalaam.

    BalasHapus
  10. @Alkindi
    Berapa lama menghapusnya? Biasanya menunggu maks 2x24 jam menunggu resolved perubahan url.

    BalasHapus
  11. @Kang Andre

    Waduh, udah lebih dari 2x24 jam bahkan. Sekarang Udah Hampir 3 Minggu Tetapi Keadaan Masih Sama Seperti Ini. Mohon Bantuannya, Kang. Terima Kasih.

    BalasHapus
  12. @Alkindi
    Sepertinya redirect(kode 301) masih berjalan. Sulit untuk melacak jika tidak mengetahui settingnya. Sekilas saya lihatdeskripsi blog: http://ulasankedokteran.blogspot.com ~ Kumpulan Artikel Kedokteran Bersumber dari Makalah Ilmiah, Diktat, Bahan Seminar dan Simposium Penulis dari Dekade 1960-an - Kini

    Kalau berkenan, kontak saya atau YM: weblenterakecil

    BalasHapus
  13. @Kang Andre

    Terima Kasih Responsenya.

    Kang Andre pake Blogspot juga kan,tentu tahu setting kode 301 dimana letaknya. Tp Saya pun juga tidak bisa masuk ke dashboard edit html karena setiap melakukan itu selalu terdirect ke domain berbayar.

    Saya bisa menghapus domain berbayar lainnya di blog lainnya. Tapi saya gagal melakukan ini di blog ulasankedokeran.blogspot.com
    Mohon solusinya.Terima Kasih.

    BalasHapus
  14. @Alkindi Siregar
    Coba ubah template standart bawaan blogspot. Biasanya template ada pengaruh.

    BalasHapus
  15. @Kang Andre

    Gimana caranya?
    Barusan sy ganti template kok malah beralih ke website yg lain lagi ya Kang, Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  16. Sorry komentar diatas komentas saya

    BalasHapus
  17. @Alkindi
    Coba login ke manage domain, jika masih bisa (pasarhosting.com)hapus semua redirect atau dns google.

    BalasHapus
  18. wahh punya saya malah terlambat udah kehapus kemaren.. kalo seandainya domain di blogger, mau pindah ke wp tnpa merubah alamat link bisa gak mas? tnpa menghilangkan seo yang tadinya cepat terindek.. tnpa kehilangan pr juga tentunya?

    BalasHapus
  19. owh gitu, pantesan ane ganti alamat blog..kok yang muncul blog lama di google bukan yg sekarang..
    paling berapa hari/bln ya om bisa jadi lamat blog yg sekarang..??

    BalasHapus
  20. @Halig ku Aing
    Maaf kurang jelas, dari blogspot dipindah ke lain atau sebaliknya?

    BalasHapus
  21. @Cara Terbaru
    Yang tetap url homepage. Tuk artikel nggak bisa. Kalao PR bisa tetap namun seo berubah lagi

    BalasHapus
  22. salam.. saya mengganti nama alamat blogspot, waktu saya coba2 googling artikel di blog saya, munculnya di alamat lama. tentu saja saat diklik akan muncul pemberitahuan bahwa blog telah dihapus. sementara blog (dengan nama) baru saya justru tidak muncul. apakah ini bisa diatasi?
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan blog memang sudah dihapus. Kustom domain itu hanya mengganti nama saja. Jika buka url lama akan diarahkan ke domain baru (tampilan dan isi blog tetap)

      Hapus
  23. bener kang. nih blog ane lombaapasaja lama banget mau diindeksnya.
    emang blog baru sih. yg lama didelete ama om google

    BalasHapus
  24. jadi ngeri mau ganti domain berbayar... kalo alexa sama pagerank ilang gak papa .. kalo visitor yang hilang bebrabe juga... walaupun belum ribuan perhari tapi sayang banget kembali ke 0 hehehe

    BalasHapus
  25. setuju gan, mending ngurus yg udah punya nama dan trafik bagus drpd pindah kamar..

    BalasHapus
  26. ane jadi sangsi buat ganti custom domain,, pengen banget ganti sih tapi takut resikonye. tar malah males nge blog lg hehe

    BalasHapus
  27. iya gan, alexanya malah gak ada, hduh . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan muncul lagi untuk beberapa waktu ke depan

      Hapus
  28. wah harus ganti domain dotcom, ne
    http://samboedy.blogspot.com/search/label/online%20business

    BalasHapus
  29. Sempat Panik karena tidak begitu menyangka akan drastis langsung turun alexa rank-nya begitu buat domain sendiri.

    Namun begitu searching2 dan baca2 banyak artikel seputar ini (salah satunya di blog ini) jadi mulai tenang lagi.

    Nice Share Sob...thx Ilmunya :)

    BalasHapus
  30. sama yang barusan yang saya alami ini sob, gemana yach cara mengembalikannya?

    BalasHapus
  31. Bener banget gan, ane baru alihkan ke domain berbayar.. ternyata emang domain alexanya malah belum ada. tapi kalo artikel lama masih terindeks dengan baik.

    BalasHapus
  32. Biasanya pakai custom domain dari awal bangun blog, kalo dah jalan ya itu resiko, tapi bukannya cuma ranking domain barunya aja yah, trafik kan tetep dapet yg lama karena redirect permanent 301.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ada proses transisi, memungkinkan beberapa indeks artikel di serp hilang, namun nggak lama kok (blogspot telah mengatipasi)

      Hapus
  33. Saya juga mengalami apa yang mas katakan dari artikel di atas, tapi itu kan sifatnya sementara ya mas, salam kenal dan Terima kasih atas bantuan dari artikelnya mas, saya jadi paham dan mengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini berganti domain 2 kali kumau.info terus lenteraseo.com dan akhirnya saya kembalikan ke semula. Beberapa indeks google masih ada di halaman 1 (untuk kata kunci tertentu), tapi butuh waktu...

      Hapus
  34. Jadi harus dipikirkan resikonya ya mas, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blog dah lama atau artikel banyak, sebaiknya jangan. Buat blog baru saja.

      Hapus
  35. menganti domain ternyata banyak resiko yah, saya mengalami maslah pada DNS nih :(

    BalasHapus
  36. keren nich.. thanks
    http://groupbands.com/

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih