You are here:Home » SEO » Pengertian Keyword atau kata kunci dalam SEO

Pengertian Keyword atau kata kunci dalam SEO


Pengertian Keyword atau kata kunci dalam SEO belum sepenuhnya dimengerti oleh beberapa blogger. Banyak yang beranggapan kata-kata dalam artikel, tag, label, kategori, page atau bahkan judul sudah merupakan keyword. Kalau pengertian keyword belum paham betul, bagaimana dapat mengoptimasi blog? 

Keyword atau kata kunci yang sebenarnya berada pada pengguna situs mesin pencari di internet, bukan pada blog atau halaman. Lantas bagaimana dengan tulisan-tulisan pakar SEO yang mengharuskan pengaturan, pemilihan keyword yang tepat pada blog atau sebuah halaman? Mari kita telaah bersama.

Sebagai gambaran, kita membuat blog dan mengikuti anjuran pakar SEO dengan benar, mulai domain, judul blog, deskripsi dan sebagainya. Pemilihan kata kunci untuk blog sudah ditentukan misalkan: "belajar SEO". Kemudian membuat artikel yang juga benar menurut analisis pakar SEO, kalau perlu membayar jasa SEO. Pokoknya blog benar-benar ”sempurna” di mata search engine sehingga langsung tampil di halaman depan hasil mesin pencari bahkan nomor 1.
Namun, apakah blog atau artikel kita akan muncul di hasil pencarian, bila saya menuliskan ”restoran yang enak” atau ”belajar photoshop” di kotak pencarian seperti Google, Yahoo, Bing atau situs mesin pencari lainnya? Tentu tidak! Berbeda bila saya menulis di kotak pencarian dengan kata ”SEO” atau ”cara belajar SEO” pastinya blog atau artikel akan tampil di halaman awal mesin pencari karena optimasi SEO sudah bernilai 100%. 

Jadi Pengertian Keyword dalam SEO yang sebenarnya adalah kata-kata/frase yang dituliskankan oleh pengunjung internet pada kotak situs mesin pencari untuk menemukan tujuannya. Sedangkan arti sebenarnya kata kunci adalah (1) kata atau ungkapan yg mewakili konsep atau gagasan yg menandai suatu zaman atau suatu kelompok; (2) kata atau ungkapan yg mewakili konsep yg telah disebutkan (KBBI) 

Bagaimana dengan Keyword menurut SEO? 


Tujuan Kata Kunci atau Keyword dapat dipandang dari dua sisi. Sisi pertama dari pengunjung/pengguna mesin pencari dan yang kedua dari blog beserta isinya. Target dari pengguna situs mesin pencari adalah menemukan informasi yang diharapkan. Sedangkan target blog adalah keyword tersebut dapat terindeks oleh mesin pencari dengan baik, dengan harapan mendapatkan kunjungan untuk melihat/membaca konten blog dari pengguna mesin pencari melalui kata kunci yang dituliskan. Meski kata kunci mempunyai tujuan yang sama yaitu mendapat target, namun kata kunci sebenarnya tetap berada pada sisi pengguna internet (mesin pencari).

Dalam blog beserta isinya, keyword hanya merupakan target sasaran, artinya kemungkinan-kemungkinan yang akan ditulis oleh pengguna mesin pencari. Apakah kita mengetahui keyword apa yang akan ditulis oleh pengguna internet di mesin pencari untuk menemukan targetnya? Perlu dipahami juga bahwa perilaku penggunaan internet tidaklah sama dalam menuliskan keyword. Misalkan seseorang akan mencari artikel "cara mengoptimasi blogspot agar seofriendly", mungkin akan ditulis kata kunci atau keyword yang berbeda di mesin pencari: "seo blogspot, optimasi blogspot, blogspot seofriendly" atau bahkan cukup "blogspot".

Untuk itu pengertian keyword dalam SEO perlu diperhatikan dengan benar. Pada blog atau artikel, kata-kata yang nantinya akan menjadi kata kunci oleh pengguna internet harus dapat diprediksi dengan tepat. Sebuah mesin pencari akan mencari keyword-keyword dalam blog atau postingan (diindeks) untuk dimasukkan ke dalam database mereka untuk di sampaikan kepada pengguna internet (mesin pencari). Untuk itu, perlu keyword yang unik dan cukup dalam blog, artikel postingan. Kalau di antara pengguna mesin pencari dan blog mempunyai kata kunci yang cocok dan sesuai maka target blog dan pengunjung dapat terpenuhi. 

SEO adalah untuk menempatkan kata kunci di posisi mesin pencari. Dalam SEO, keyword merupakan bagian terpenting daripada faktor lain. Untuk meningkatkan SERP, keyword perlu didukung aspek SEO yang lain, misalnya: backlink, loading site, dan sebagainya 


Semoga bermanfaat - Artikel Belajar SEO

1 komentar:

  1. Mantap Artikel nya , tapi saya mau tanya , apakah keyword tersebut harus ada di salah satu conten blog kita ? atau boleh apa saja , meskipun kata kunci tersebut tidak ada di blog kita ?

    ranup-selaseh.blogspot.com

    BalasHapus

Semua komentar akan ditampilkan, kecuali :
ada link aktif, tidak sesuai topik, tidak sopan.
Terima Kasih