You are here:Home » opiniku » Pengalaman Mengelola Blogspot Baru

Pengalaman Mengelola Blogspot Baru

blogspot
Pengalaman Mengelola Blogspot Baru berdasarkan pengalaman sesungguhnya dari penulis sebagai pembuat dan pengelola blog ini. Blog baru berjalan 2 minggu dan hasil yang dicapai cukup memuaskan bagi penulis, meski belum secara maksimal melakukan optimasi. 
Terus terang penulis bukan Webmaster SEO, web design, atau web programmer, hanya seorang yang ingin belajar. Tulisan Pengalaman Mengelola Blogspot Baru sebagai wujud kepedulian penulis terhadap blogger Indonesia yang merasa “gagal” dalam mengelola blognya serta pengamatan terhadap beberapa blog terutama pemakai mesin blogspot yang mungkin jauh dari kriteria blog yang “bagus”. Sekaligus sebagai ajang pembuktian kekuatan mesin blogspot di Internet. 

Pengalaman Mengelola Blogspot Baru 

Berikut perjalanan blog http://lenterakecilku.blogspot.com yang penulis lakukan mulai dari awal sampai artikel ini dibuat per 15 Pebruari 2012. 
  • Bulan ini, tepatnya 3 Pebruari 2012 penulis membuat email Google baru untuk memulai membuat blog dengan mesin blogspot. 
  • Topik utama blog telah ada dalam pikiran penulis tanpa melalui research keyword yaitu tentang internet dan SEO. 
  • Melalui beberapa kali pertimbangan, akhirnya diputuskan menggunakan nama domain ”lenterakecilku.blogspot.com” dengan judul blog ”Lentera Kecil Belajar Seo” serta deskripsi ”arsip online seputar belajar seo dan internet” dengan keyword artikel belajar seo
  • Langkah awal pemilihan tampilan blog, penulis usahakan sesederhana dan seringan mungkin sewaktu loading blog serta seo friendly. Terpilih tema bawaan blogspot yaitu Simple serta melakukan perubahan sedikit pada header dan body. Melalui https://developers.google.com/pagespeed/ kecepatan blog mendapat skor 96 dari 100. 
  • Sehari blog telah terindeks di google search. Alexa Traffict Rank masih no data. 
  • Mulai mengisi blog dengan Tentang Kami dan Kebijakan Pribadi, setelah itu membuat artikel tentang SEO, kontes seo, internet agar navigasi atas (kategori) terisi artikel. 
  • Setelah ada beberapa artikel, mulai menggunakan dan memasukkan blog ke google webmaster tools dan google analityc. Ini untungnya memakai blogspot, tools dari google langsung bisa diakses.
  • Blog selesai dan telah terisi 15 artikel, tapi masih 1-2 pengunjung, itupun penulis sendiri. Akhirnya mencoba memperkenalkan blog ke pengunjung. Dengan artikel Cara Optimasi SEO blogspotsubmit ke vivanews.com dan diterima. Hasilnya? Dengan diterbitkan artikel di http://ureport.vivanews.com/news/read/287193-cara-optimasi-seo-blogspot 10 Pebruari 2012, blog ini mendapat kunjungan 88 orang. Submit lagi ke vivanews dengan judul Pesan Kesalahan Internet13 Pebruari 2012 http://ureport.vivanews.com/news/read/287986-pesan-kesalahan-dalam-internet
  • Untuk memperkuat posisi SERP, dilakukan optimasi untuk mencari backlink. Cukup hanya 2 socialbookmark Indonesia. Optimasi juga penulis lakukan dengan tautan situs ke jejaring sosial facebook, twitter dan digg. Dan tidak ketinggalan setiap artikel di share ke google +. Dan meninggalkan jejak url blog dengan berkomentar di beberapa blog (tidak sampai 10) 
Pengalaman Mengelola Blogspot Baru selama 3 – 15 Pebruari 2012, dan telah mempunyai 21 artikel, menghasilkan: 
  • Beberapa Artikel muncul di halaman awal google dengan kata kunci tertentu (silahkan mencoba dengan kata kunci masing-masing judul artikel). Kalau pencarian memakai rentang waktu 1 bulan, rata-rata berada di halaman awal. 
  • Kata kunci blog ini yaitu “Artikel belajar SEO” telah berada di halaman depan google. 
  • Indeks google (site:http://lenterakecilku.blogspot.com) 32 hasil 
  • Alexa Traffic Rank 3.346.935 dan Traffic Rank ID 29.347 
  • Perhitungan Histats terakhir (saat artikel ini ditulis): Total page views:450. Total visitors:203. Page views per visit: 2.21 (lihat trafik Histats)
  • Meski beberapa artikel ada yang copy paste, beberapa kali penulis cek di copyscape dengan hasil: No Result. 
Kesimpulan Pengalaman Mengelola Blogspot Baru 
  • Sebenarnya memakai blogspot telah mendapat 1 backlink dari situs Pagerank 10 yaitu google, untuk itu perbaiki data profil di blogger dan email dengan menambah url blog. 
  • Buat Topik blog yang spesifik serta artikel yang sesuai dengan topik utama blog. 
  • Buat blog seringan mungkin ketika loading dan navigasi yang jelas. 
  • Share setiap artikel ke semua jejaring sosial yang ada. 
  • Gunakan webmaster tools untuk submit sitemap setiap artikel selesai dibuat. 
  • Gunakan teknik SEO onpage dan offpage pada setiap artikel. 
  • Jangan terburu nafsu untuk segera mendapatkan posisi bagus di SERP dan menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Mengelola blogspot perlu proses dan waktu agar tampak alamiah. 
Menurut penulis, menggunakan dan mengelola blogspot lebih cepat terindeks google. Hasil mungkin dianggap biasa oleh webmaster, tapi bagi penulis sudah cukup memuaskan meski hanya optimasi sekedarnya. Rencana bulan depan blog ini akan ikut kontes seo. Semoga pengalaman mengelola blogspot baru dapat menjadi insiprasi dan berguna bagi blogger pemula.

10 komentar:

  1. saya senang membaca tulisan-tuliasn anda tentang SEO. saya anyak belajar.

    salam
    Revolusi Galau

    BalasHapus
  2. klo blog saya blog campur sari :D just for fun menuangkan isi pikiran dibagi dengan yg lain.

    BalasHapus
  3. terima kasih atas
    berbagai pengalamanya karna bisa membantu saya

    BalasHapus
  4. ok kawan saya juga lagi belajar seo nech banyak errornya dari pada berhasil

    BalasHapus
  5. Itulah kenapa saya suka Blogspot :) perawatannya mudah
    hehe
    Apa kabar kang Andri maaf saya baru online.
    Sibuk offline blog kucoba di buat jadwal posting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama main di wordpress sekarang masih belajar dan terus belajar blogspot...

      Hapus
  6. salam kenal mas...saya juga lagi pingin mendalami SEO..mohon pencerahannya...sukses selalu mas..

    BalasHapus
  7. makasih, ini sebenarnya yang saya cari

    BalasHapus

Semua komentar akan ditampilkan, kecuali :
ada link aktif, tidak sesuai topik, tidak sopan.
Terima Kasih